Selasa, 13 April 2010

Renungan Setelah UTS

UTS... Alhamdulillah selsesai juga. Beban hidupku berkurang, haha .. Nggak ah, jangan anggap ujian itu beban, tapi tantangan.

Ujian kali ini adalah ujian terburukku selama di FH. Nggak tau napa, tapi yang jelas aku ngerasa nggak punya feel aja. Apa mungkin aku terlalu sibuk dengan segala kegiatan sampai melupakan kewajiban utamaku sebagai mahasiswa, yaitu belajar? Emang sich, prinsip belajarku, ilmu itu nggak cuma didapat dari kelas kuliah aja, tapi juga dari berbagai sumber dan berbagai kegiatan, seperti organisasi, diskusi, media, dll. But, how about my academics? Oh no thanks, seakan terbengkalai.

Banyak sih yang bilang, semester 2 harus belajar lebih giat biar IP tetep bagus coz SKS-nya gede-gede. Tapi aku menganggapnya hanya angin lalu aja, biar nggak aku jadiin beban hidup, haha. Saking santainya, sampai seminggu menjelang UTS, aku baru punya passion untuk belajar. God!! That's just a bad habit!! No no no .. I must remove it from my list.

Oke lah, passion udah ada, niat belajar pun datang. Waktu baca buku, mataku sih melihat tulisan, tapi pikiran melayang entah ke mana, banyak benget pikiran. Pikiran tentang masa depan dan masa lalu bercampur jadi satu. Oke, gue emang Sang Pemimpi, terlalu banyak passion yang harus diikuti dan aku terus bersugesti positif untuk bisa meraihnya. Aku udah buat list, setelah UTS mau ngapain, mau baca buku apa, dsb. Nah, pikiran-pikiran semacem ini yang terus menghantui belajarku.

Pada saat mengerjakan, pikiran ini datang lagi sampai menyebabkan hasil belajarku rusak semua. Hilanglah yang telah aku pelajari. Paling nyesel waktu ngerjain Hukum Pidana dan Hukum Lingkungan. Banyak yang lupa, ada yang belum aku pelajari, trus ada yang kepedean njawabnya, ternyata salah. Udah lah, itu cuma UTS, masih ada UAS, pikirku. Aku pun bangkit. Kesalahan fatal ini aku gunain buat membakar semangat belajar HTN. Aku belajar lebih fokus, lupakan pikiran-pikiran bodoh dan sugesti negatif itu. Ternyata berhasil, Bo !! Alhamdulillah, yang aku pelajari, keluar semua di soal HTN, tapi nggak semua sih, dan untungnya cuma disuruh njawab 5, jadi aku pilih yang aku bisa aja. Dendam pun terbalaskan!!

Udah lah, renungan cukup sampai di sini, tak ada gunanya penyesalan. UAS harus berhasil!! Biar semester 3 bisa ngambil 24 SKS, jadi bisa lulus cepet. Rencananya sih, makul semester atas yang mau aku ambil HKHK, harusnya tu buat semester 5. Tapi demi passionku untuk lulus cepet, ambil aja coy!! Semoga bisa!! Ridhoi aku Ya Allah ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar